Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dalam Rangka Dies Natalis Ke-34 FKM Unhas

     Dalam rangka Dies Natalis FKM UNHAS yang ke-34, FKM UNHAS kembali lagi mengadakan rangkaian kegiatannya. Salah satu rangkaian kegiatannya yaitu penyuluhan Kesehatan Reproduksi. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan reproduksi bagi remaja maka FKM Unhas melaksanakan penyuluhan di SMA-IT Wahdah Islamiyah pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016. Kegiatan penyuluhan ini membahas bagaimana remaja dapat menjaga kesehatan reproduksinya baik dari segi sistim, fungsi, dan proses reproduksi yang dimilikinya.

     Remaja sebagai sasaran pada kegiatan ini juga diingatkan bahwa menjaga kesehatan reproduksi tidak semata-mata hanya bebas dari penyakit, kecacatan namun juga kesehatan mental serta sosial kultural yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Menurut WHO Kesehatan Reproduksi adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Atau Suatu keadaan dimana manusia dapat menikmati kehidupan seksualnya serta mampu menjalankan fungsi dan proses reproduksinya secara sehat dan aman.

     Peningkatan kesehatan reproduksi remaja adalah target yang ingin dicapai pada  kegiatan penyuluhan oleh panitia pelaksana. Selain itu, Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk perkenalan kepada remaja khususnya remaja di SMA-IT Wahdah Islamiyah tentang peran penting tenaga kesehatan masyarakat dalam meningkatkan status kesehatan. Menjalin silaturahmi dengan membangun kerjasama dengan instansi dan stakeholder untuk memperluas jaringan dan mebiasakan masyarakat hidup sehat. Hal Sesuai dengan tema pada dies natalis FKM yang ke-34 ini yaitu “Membangun Jejaring Membumikan Kesmas” yang menjadi harapan pada kegiatan ini.

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016