Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Belajar Disiplin : Perwakilan Mahasiswa FKM Ke Negri Sakura

Belajar Disiplin : Perwakilan Mahasiswa FKM Ke Negri Sakura

     Hampir setiap tahun seluruh mahasiswa dari Universitas Hasanuddin memiliki kesempatan untuk keluar negeri. Salah satu program dari Universitas Hasanuddin adalah Student Exchange yang dilakukan setiap tahun dengan menyeleksi mahasiswa dari seluruh fakultas. Berbagai negara tujuan seperti Jepang, Taiwan, Hongkong dan negara lain yang menjadi negara tujuan program pertukaran pelajar merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan untuk setiap mahasiswa. Berinteraksi dengan masyarakat yang berbeda adat dan budaya dapat membantu  mengembangkan potensi diri mahasiswa dan memahami budaya baru yang menjadi hal menarik.

     Negara  yang menjadi tujuan pertukaran pelajar oleh mahasiswa FKM dan fakultas lainya dari Universitas Hasanuddin adalah negri sakura alias Jepang. Mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang tepatnya di Hiroshima University merasakan bagaimana masyarakat Jepang memiliki budaya dengan tingkat disiplin yang tinggi. “Saya banyak belajar hal-hal dan kebiasaan positif masyarakat Jepang. Karena Jepang terkenal sebagai salah satu negara dengan tingkat disiplin yang sangat tinggi” ujar mahasiswa FKM Unhas Hema Baizura Dahlan.

     Menurut Baizura selama kegiatan Pertukaran Pelajar yang berlangsung dari tanggal 27 Oktober – 7 November 2016  merupakan pelatihan untuk mendisiplinkan diri melalui pengaturan waktu setiap saat. “Manfaatnya sangat melatih saya dalam menghargai waktu, sehingga setiap saat kami dituntut untuk saling berpacu dengan waktu” ujar perempuan kelahiran Makassar ini. Perempuan kelahiran Makassar ini juga berharap dapat mengimplementasikan hal yang berharga dari negri sakura ini dalam kehidupan sehari-harinya. “Harapan saya semoga semua ilmu yang saya serap dapat saya aplikasikan ke kehidupan sehari-hari”.

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016