Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

FKM Kebakaran : Kode Merah, Kode Merah Ini Hanya Simulasi

      Pada  tanggal  5  Januari  2017  Fakultas  Kesehatan  Masyarakat  melaksanakan  simulasi  kebakaran.  Simulasi  ini  diawali  dengan menggambarkan  keadaan  FKM  dengan  seluruh  mahasiswa,  pegawai,  dan  dosen  sedang melaksanakan  kegiatan  rutinnya,  peringatan  terjadinya  kebakaran  dimulai  dari  bunyi  alarm  dan peringatan kebakaran dari sound yang berbunyi “Kode Merah, Kode Merah Ini Hanya Simulasi”. sontak membuat seluruh orang yang berada di FKM keluar mengikuti rambu-rambu jalur evakuasi yang telah terpasang dan melaksanakan prosedur pemadaman kebakaran.

      Simulasi Ini melibatkan Mahasiswa, dosen, pegawai, dan para pimpinan FKM. Keterlibatan seluruh elemen yang ikut pada simulasi kebakaran ini memiliki perannya masing-masing, seperti ada yang berperan sebagai korban, Pengaman Arsip, pencari bantuan, medis, dan tim pemadam kebakaran. Simulasi ini bekerja sama dengan Rumah sakit Unhas, Teknik Unhas, dan pimpinan rektorat dalam proses simulasi dan peminjaman perlengkapan alat pemadam kebakaran seperti ambulans dan mobil pemadam.

      Simulasi ini bertujuan untuk melatih pegawai, mahasiswa dan dosen dalam menghadapi kejadian kebakaran. Pemasangan rambu-rambu evakuasi dan pengaplikasian sarana dan prasarana alat kebakaran juga dilakukan untuk melatih para tim pemadam kebakaran di Fakultas Kesehatan Masyarakat agar mengetahui langkah yang harus diambil ketika terjadi kebakaran. Simulasi ini di pimpin langsung oleh Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes yaitu dekan FKM Unhas sebagai Komandan dan di koordinasikan dengan Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016