Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa FKM Tingkatkan Kualitas Tugas Akhir bersama Yayasan Hadji Kalla

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla. Pada hari sabtu tanggal 4 Maret 2017, Yayasan Hadji Kalla mengadakan seminar Beasiswa Tugas Akhir dengan tema “Penelitian Tugas Akhir sebagai Agent of Change Problematika Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan” bertempat di Aula Pasca Sarjana Unhas. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa semester akhir serta mahasiswa yang sedang dan akan menyusun Tugas Akhirnya. Pemateri pada seminar ini adalah Dr. Suriah, S.KM, M.Kes dan Abdul Hakim, MA yang dipandu oleh Muliana, S.KM.

Bentuk Kerja sama dilakukan dalam hal pemberian beasiswa untuk penyelesaian Tugas Akhir (Skripsi) mahasiswa FKM Unhas. Kerja sama ini mendorong agar mahasiswa lebih kreatif dan solutif untuk menyelesaikan masalah yang terdapat pada masyarakat khususnya masalah kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui pembuatan judul skripsi mereka.

“Jangan sekedar membuat tugas akhir tapi lihat juga bagaimana bisa menghasilkan banyak jurnal ilmiah, dan solusi untuk masalah kesehatan masyarakat”  Ujar Suriah.

“Melalui Beasiswa ini, mahasiswa akan membuat tugas akhir yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dunia Industri, dan Stake holder” Ujar Hakim.

Penyelesaian skripsi mahasiswa kadangkala diselesaikan hanya sekedar memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana, namun tidak memperhatikan kualitas. Plagiarisme dan kurangnya kreatifitas dalam penyusunan skripsi diharapkan dapat berkurang sehingga meningkatkan kualitas skripsi. Nantinya, Yayasan Hadji Kalla akan menyeleksi judul skripsi yang pantas untuk mendapatkan beasiswanya.

Yayasan Hadji Kalla menyediakan fasilitas kepada mahasiswa. Fasilitas yang diberikan berupa dana penlitian, Lokasi, akses ke birokrasi, dan hak paten sesuai hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa alat untuk sanitasi lingkungan, video iklan layanan kesehatan, phamplet, ataupun kebijakan kesehatan.

Untuk membantu mahasiswa menemukan judul skripsi yang berkualitas, Yayasan Hadji Kalla turut mengundang tim Desa Bangkit Sejahtera (DBS) yang merupakan binaan Yayasan Hadji Kalla. Kehadiran Tim DBS akan memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait masalah kesehatan masyarakat berdasarkan pengalaman mereka selama di lapangan.

Author: Fajrin

Editor: Fajar

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016