Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa PKIP ajarkan CTPS di SDI Kera-kera

     Menerapkan hidup bersih dan sehat sejak dini, siswa SD Inpres Kera-kera mempraktikkan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di lingkungan sekolah, Jumat (25/11/2016). Pelatihan CTPS ini dilaksanakan oleh Mahawiswa Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. Pelatihan CTPS digelar pukul 08.00 WITA oleh siswa kelas 3. Pelatihan ini dimulai dengan ice breaking, perkenalan, pre-test, pemberian pengetahuan mengenai CTPS, dilanjutkan dengan praktik cuci tangan di halaman sekolah dan post-test. Usai itu, pihak pelaksana memberikan piagam penghargaan kepada pihak sekolah dan siswa yang mengikuti pelatihan. Para siswa sangat antusias dengan pelatihan yang dilakukan, bahkan sebagian besar dari mereka sangat senang dengan kedatangan kami.

     Tema yang diangkat dalam pelatihan ini ialah Tanganku Bersih, Hidupku Sehat. Tema ini dipilih karena tangan adalah anggota badan yang banyak difungsikan sehari-hari, termasuk makan, minum, menyiapkan makanan serta bermain. Tangan yang selalu bersih akan mencegah kita dari berbagai penyakit, sehingga hidup akan lebih sehat dan produktif. Pelatihan ini dilakukan agar siswa terbiasa untuk hidup bersih.

     Cuci tangan pakai sabun adalah cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Pentingnya menyebarluaskan mengenai kebersihan tangan untuk menciptakan kehidupan yang sehat terutama anak usia sekolah agar mereka benar-benar melakukan CTPS dengan air mengalir dan sabun. Anak-anak ini menjadi ujung tombak untuk mengubah perilaku masyarakat agar melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Bukan hanya sekedar seremonial saja, tapi harus menjadi kebiasaan sehari-hari.

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016