Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Manfaat Jus Daun Kelor, Dapat Atasi Nyeri Haid dan Kram

Banyak wanita yang mengeluhkan kondisi tubuhnya saat menjelang haid, dan saat haid sedang berlangsung. Perubahan hormon di saat tersebut kerap menimbulkan nyeri di perut, kram, juga migrain dan mual serta mood swing yang drastis. Nyeri di payudara, bahkan jerawat yang muncul di wajah juga jadi masalah rutin.

Tahukah Anda bahwa daun kelor ternyata dapat membantu meringankan masalah rutin setiap bulan itu? Daun yang berukuran kecil serta sering diolah menjadi sayur bening tersebut juga punya khasiat untuk atasi gangguan haid lho.

Jadi Anda yang sering tersiksa setiap jelang masa haid datang, coba dahulu ramuan dari daun kelor ini. Cara membuatnya juga mudah sekali, dan tak akan memberi efek samping buruk bagi Anda. Berbeda dengan obat kimia yang banyak dijumpai di apotek.

Cara membuat:

Siapkan bahan yakni segenggam daun kelor, madu, serta air jeruk nipis. Jika tak ada pun tak apa, yang penting bahan utamanya ada, yakni daun kelor. Bahan lain dimaksudkan untuk membuat ramuan tersebut lebih enak dan segar saja.

Cuci bersih daun kelor, lalu masukkan dalam blender. Tambahkan 1 gelas air minum. Blender hingga halus.

Tuang dalam saringan, lalu tampung airnya di gelas. Ini untuk memisahkan ampas daun, dan membuat Anda mudah meminumnya.

Beri madu, serta perasan air jeruk nipis. Aduk rata.

Minum jelang masa haid datang, dan saat haid hari pertama dimana siksaan sakit sedang menyerang. 1 kali sehari cukup, yakni pada waktu pagi hari kala perut masih kosong. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016