Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Pelantikan dan Pengukuhan Dua Guru Besar Baru FKM Unhas

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kini memiliki dua lagi guru besar yang baru. Mereka dikukuhkan di Gedung Rektorat lt2 Ruang Senat Unhas, pada tanggal 9 Mei 2017. Beliau adalah Prof. Dr. dr. H. M. Tahir Abdullah, M.Sc., MSPH dan Prof. Dr. drg. Andi  Zulkifli, M.Kes. yang juga saat ini sedang menjabat sebagi dekan FKM Unhas.

Saat pidatonya Prof. Tahir mengambil judul pidato “Upaya Pemberian ASI Eklusif untuk Meningkatkan Kualitas Generasi Bangsa”, dosen bagian Biostatistik FKM Unhas ini juga dalam pidatonya mengingatkan kepada Ibu tentang pentingnya ASI Ekslusif pada akhir pidatonya.

“Air Susu Ibu adalah makanan terbaik untuk bayinya, dan rejeki (ASI) ini sudah dipersiapkan oleh Allah swt, sejak konsepsi, dengan berkembangnya jaringan mammae ibu pada saat anak dalam kandungan.” Kata Prof Tahir

Sedangkan pada kesempatan lain di kegiatan ini Prof Zul juga membawakan pidatonya yang berjudul “Strategi Penguatan Surveilans Epidemiologi sebagai Solusi Masalah Kesehatan Masyarakat”. Prof Zul mengatakan bahwa Surveilans adalah unsur yang paling penting dalam penentuan kebijakan sebelum melakukan intervensi dan mengambil tindakan lainnya.

“Pengembangan sistem surveilans dapat meningkatkan kualitas data dan informasi sehingga dapat dikembangkan kebijakan untuk pencegahan dan kontrol masalah kesehatan lebih dini. Tentu saja, data surveilans yang lebih baik dapat membantu perencana kesehatan masyarakat menetapkan prioritas yang lebih rasional” Kata Prof Zul.

Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016