Gugus Penjaminan Mutu

Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

     Organisasi penjaminan mutu FKM Unhas berdiri sejak tahun 2010 dan diberi nama Unit Penjaminan Mutu, Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama (UP3K). Berdasarkan SK Dekan, UP3K diketuai oleh Prof. Dr. Ridwan Amiruddin. S.KM, M.Kes, M.ScPH. Pada tahun 2014 terjadi restrukturisasi organisasi dari UP3K menjadi Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan diketuai oleh Aminuddin Syam, S.KM, M.Kes, M.Med.Ed. Sejak tahun 2016, sesuai dengan OTK Unhas dengan status PTN-BH maka UPM berubah nama menjadi Gugus Penjaminan Mutu (GPM).

null

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Gugus Penjaminan Mutu:

  1. Merencanakan dan melaksanakan sistem jaminan mutu secara keseluruhan.
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  3. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  4. Melakukan pemeriksaan dan validasi isi dokumen untuk keperluan eksternal (proposal PHK, Borang, berkas kepangkatan akademik, proposal pembukaan Prodi)
  5. Melakukan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  6. Melakukan analisis data sebagai dasar pengambilan keputusan pimpinan
  7. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pelatihan sistem penjaminan mutu
  8. Melaporkan secara berkala tentang pelaksanaan sistem penjaminan mutu kepada pimpinan.

Beberapa pedoman dan standar dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

No. Nama Dokumen/No. SK Dekan Isi
1. Kebijakan Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.03, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Kebijakan FKM Unhas dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan asas penyelenggaraannya.
2. Standar Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.04, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Standar Akademik FKM Unhas merupakan penjabaran dari Kebijakan Akademik FKM Unhas dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan asas penyelenggaraannya.
3. Piagam AMI / GPM.FKM-Unhas.KA.05, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Kedudukan, fungsi dan peran, wewenang dan tanggung jawab Tim dan Ketua Tim AMAI FKM Unhas.
4. Kode Etik Auditor / GPM.FKM-Unhas.KA.06, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Azas kode etik audit mutu internal dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh auditor akademik.
5. Manual Mutu Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.07, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Organisasi penjaminan mutu di tingkat FKM Unhas dan tingkat Program Studi dan dokumen-dokumen mutu.
6. Manual Prosedur AMAI / GPM.FKM-Unhas.KA.08, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Prosedur implementasi AMAI Program Studi oleh auditor FKM Unhas
7. Standar AMAI / GPM.FKM-Unhas.KA.09, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Standar Ciri, Standar Kinerja, dan Standar Implementasi audit mutu internal.
8. Buku Pedoman Sasaran Mutu Fakultas Sasaran mutu yang disusun menurut standar borang akreditasi.
9. Rencana Strategis Rencana strategis 2016-2020, yang disusun berdasarkan visi dan misi.
10. Buku Pedoman Prosedur Mutu Bidang Akademik Berisi 20 SOP bidang akademik.
11. Buku Pedoman Prosedur Mutu Bidang Kepegawaian Berisi 25 SOP bidang kepegawaian.

Evaluasi internal dalam rangka penjaminan mutu dilakukan dalam bentuk Audit Mutu Internal (AMI). Mulai tahun 2016, instrumen AMI diisi secara online melalui link elpmi.unhas.ac.id. Hasil AMI dimanfaatkan untuk peningkatan atau pemeliharaan mutu institusi.

Sementara itu, beberapa survei kepuasan yang dilakukan GPM dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

No Nama Survei Link Inggris
1. Survei untuk mengetahui pemahaman terhadap Visi dan Misi Fakultas dan Program Studi http://bit.ly/Survei-Visi-Misi Klik disini
2. Survei Kepuasan Mahasiswa setiap tahun yang mencakup kepuasan bidang akademik, bidang administrasi, sarana dan prasarana, serta bidang kemahasiswaan http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Mahasiswa Klik disini
3. Survei Kepuasan dosen dan Tenaga Kependidikan setiap tahun, mencakup kepuasan bekerja, pemahaman organisasi, sistem manajemen, kondisi internal, bimbingan dan pengawasan, serta penghargaan dan imbalan http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Dosen-Tendik Klik disini
4. Survei Kepuasan Mahasiswa terhadap dosen PA http://bit.ly/Survei-Kepuasan-PA Klik disini
5. Survei Kepuasan bagi Alumni yang akan diwisuda, yang mencakup kepuasan bidang akademik, fasilitas, layanan, self assessment, dan kepuasan terhadap pembimbingan tugas akhir http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Alumni Klik disini
6. Survei Alumni yang telah diwisuda satu tahun sebelumnya, yang mencakup riwayat pekerjaan, studi lanjut, dll http://bit.ly/Survei-Alumni Klik disini
7. Survei Kepuasan Pengguna Alumni terhadap lulusan yang bekerja di bawah koordinasi responden, yang mencakup 13 parameter http://bit.ly/Survei-Pengguna-Alumni Klik disini
8. Survei Kepuasan Mitra Kerjasama, yang mencakup 6 parameter http://bit.ly/Survei-Mitra-Kerjasama Klik disini
FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016