Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Penyuluhan DBD dengan 3M Plus

     Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat, khususnya pada musim penghujan. Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kembali mengingatkan masyarakat, mahasiswa Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin melakukan penyuluhan tentang pencegahan DBD di Kelurahan Lakkang, Kota Makassar. Lakkang merupakan pulau (delta) yang berada di belakang Kampus Unhas, dikelilingi oleh aliran sungai. Kegiatan berlangsung pada hari Selasa (13/12/2016).

     Lakkang Bebas DBD dengan 3M Plus adalah tema yang diangkat pada penyuluhan yang berlangsung di salah satu mesjid. Penyuluhan dihadiri kurang lebih 20 orang warga dan bidan dari Pustu setempat. 3M Plus ini merupakan salah satu gerakan dalam mencegah terjadinya DBD. Mengubur barang-barang bekas tak terpakai, menguras bak mandi serta menutup bak penyimpanan air. Plusnya ialah memakai lotion anti nyamuk atau menggunakan kelambu saat tidur, menghindari menggantung pakaian di dalam rumah, memelihara ikan pemakan jentik dan sebagainya.

     Kagiatan dimulai dengan pemutaran video tentang penyakit DBD kemudian pemaparan materi oleh mahasiswa dan dosen. Masyarakat yang hadir sangat antusias dengan penyuluhan yang dilakukan. Mereka menganggap penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Hal ini terlihat dalam diskusi di akhir kegiatan. Sebagai bentuk terima kasih kepada pihak Pustu, mahasiswa memberikan piagam penghargaan. (Muliati).

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016