Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Program Studi Kesehatan Masyarakat Siap Menjadi Anggota AUN

Universitas Hasanuddin telah divisitasi oleh ASEAN University Network (AUN) pada tanggal 10-12 Januari 2017. AUN adalah sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean. AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN.

AUN QA merupakan sebuah assessment, dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Proses ini diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action For Improvement terhadap hasil SAR.

AUN-QA yang dilaksanakan merupakan suatu bentuk peningkatan kualitas dan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksankan oleh Universitas Hasanuddin. “Sejak berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tahun 2015, dituntut adanya peningkatan kualitas dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan.” Kata Deputy Executive Director ASEAN University Network Chltis Dhiratiti saat membuka visitasi di Universitas Hasanuddin.

Beberapa program studi yang mendapatkan kunjungan AUN yaitu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, dan Kedokteran. Prof. Dr. Yahaya Md.Sam (University Teknologi Malaysia) dan Mrs. Siriluk Kiewkong (Mahidol University, Thailand) menjadi asesor Prodi Kesehatan Masyarakat. Beberapa tempat yang dikunjungi oleh asesor didampingi oleh Tim Task Force AUN di Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Ruang Baca, Laboratorium Komputer, Laboratorium Terpadu, Kelas Internasional, dan Kelas Reguler.

     Keberhasilan dan kelancaran kegiatan AUN-QA yang dilaksanakan di Fakultas Kesehatan Masyarakat tidak lepas dari perencanaan, pengorganisiran, kontrol, dan semangat yang ditularkan oleh Dr. Ida Leida M., SKM., M.KM, M.ScPH selaku Ketua Tim Task Force AUN. “Kami punya semangat dan kerja sama Tim yang hebat untuk kegiatan AUN-QA ini” kata Ketua Tim Task Force AUN

FacebookTwitterGoogle+Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016