Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

FKM Unhas kembali akan melaksanakan Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat

FKM Unhas kembali akan menjadi penyelenggara Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKAKMI) yang akan dilaksanakan di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar  pada tanggal 21 April 2018. Uji Kompetensi akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan metode Paper Based Test (PBT).

Untuk mengikuti ujian Kompetensi ini, calon peserta harus melakukan pendaftaran (registrasi) terlebih dahulu mulai tanggal 19 Februari – 19 Maret 2018 secara online melalui website www.ukakmi.org atau www.ukakmi.com.

Wakil Dekan Bidang  Akademik dan Pengembangan FKM Unhas, Dr. Ida Leida Maria, SKM.MKM.MScPH, menjelaskan mengenai syarat dan ketentuan calon peserta Ujian Kompetensi yaitu Peserta ujian tercatat sebagai alumni (SKM) atau mahasiswa aktif yang telah meyelesaikan minimal 110 SKS dibuktikan dengan transkrip/KHS.

Syarat lain yang harus dipenuhi lanjut Dr. Ida Leida, calon peserta ujian juga terdaftar sebagai mahasiswa PT Kesmas di www.forlap.dikti.go.id. Selain itu, institusi PT Kesmas asal peserta ujian juga telah terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

Dr Ida Leida juga menjelaskan bahwa untuk mengikuti uji kompetensi ini, peserta diharuskan membayar  biaya pendaftaran sebagai peserta ujian dengan beberapa kriteria. Untuk peserta baru sebesar Rp. 500.000, dan peserta re-taker sebesar Rp. 150.000. Biaya pendaftaran tersebut dibayarkan oleh peserta ujian setelah mendapat verifikasi dari institusi asal peserta dan memperoleh nomor virtual account untuk melakukan pembayaran dimulai tanggal 26 Februari – 26 Maret 2018.

Dalam rangka pelaksanaan UKAKMI mendatang, terlebih dahulu dilaksnakan tryout UKAKMI pada tangggal 23-24 Februari 2018. Menurut Penanggung jawab Lokal (PJL) Tryout UKAKMI, Syamsuar, SKM., M.Kes.MSCPH, kegiatan Tryout UKAKMI merupakan rangkaian kegiatan Uji Kompentesi. “Try out ini akan diikuti 150 orang dari berbagai instutisi kesmas di sulsel dan ini sebagai latihan bagi peserta sebelum mengikuti Ujian Kompetensi pada tanggal 21 April nanti” Tutup Pak Syamsuar.

Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016