Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Informasi Peluang Beasiswa Untuk FETP UNHAS

BEASISWA PPSDMK KEMENKES RI

FKM UNHAS menyelenggarakan Program S2 FETP UNHAS angkatan ke-2 tahun 2018/2019 bagi Tugas Belajar di Instansi Kesehatan.  Program ini didukung oleh Badan PPSDMK Kemenkes dengan menyiapkan beasiswa.

Keunggulan FETP di UNHAS adalah selain biaya hidup dan SPP, PPSDMK juga menyiapkan Biaya project lapangan,  transport ke lapangan, Biaya mengikuti konferensi ilmiah Nasional/Internasional dan biaya pelatihan untuk akademik skill.

Persyaratan : menyesuaikan dengan Ketentuan Pelaksanaan Penerimaan Calon peserta Tugas Belajar (tubel) PPSDMK 2018, Melakukan pendaftaran online untuk mendapat beasiswa paling lambat 31 Januari 2018 di http://tubel.bppsdmk.kemkes.go.id/index.php/public/membership/registrasi-info/, dan melakukan pendaftaran secara online di http://pasca.unhas.ac.id/ (yang akan dibuka pada Bulan Februari-Maret 2018) dan memilih peminatan FETP pada Prodi S2 Kesmas UNHAS.

Surat edaran Tubel Kemenkes 2018 (Download Disini)

BEASISWA FETP UNHAS- ALERT ASIA

Selain Beasiswa yang disediakan PPSDMK Kemenkes, Tahun ajaran 2018/2019 juga tersedia beasiswa untuk 2 orang dari Kerjasama FKM UNHAS, CDC dan Alert Asia. Beasiswa ini ditujukan Untuk ASN/PNS Tenaga Kesehatan dalam lingkup Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Kab/Kota Khususnya di wilayah Indonesia Timur. Untuk Informasil Lengkap Silahkan (Download Disini)

 

Kenapa Memilih Melanjutkan Pendidikan S2 FETP ?

Keberadaan tenaga epidemiologi lapangan telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama penyebaran penyakit menular di seluruh dunia.

Berdasarkan Kajian dari Tim Global Health Security Agenda (GHSA) dan International Health Regulation unit, di Indonesia Tenaga Epidemiologi Lapangan dibutuhkan secara nasional di setiap  Provinsi,Kabupaten dan Unit Pelayanan Kesehatan.  Sehingga upaya untuk mencetak tenaga tersebut menjadi sebuah urgensi. Field Epidemiology Training Program (FETP) / Epidemiologi Lapangan merupakan suatu program pendidikan kerjasama universitas dan Kementerian Kesehatan dengan acuan standar kompetensi FETP Internasional. Program ini mengadopsi Epidemic Inteligence Services (EIS) CDC Atlanta dan bekerja dalam jaringan FETP Internasional (TEPHINET). Terdapat lima penyelenggara pendidikan FETP di Indonesia, salah satunya adalah Program Studi Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS yang telah dibentuk dan diresmikan Pada Tanggal 28 Agustus 2017.

Tujuan pendidikan FETP

Menghasilkan ahli epidemiologi setingkat master yang mempunyai pengalaman lapangan sehingga siap bekerja secara mandiri sebagi intelejen penyakit untuk menyediakan informasi dan saran epidemiologik bagi para pengambil keputusan dan kebijakan berbasis bukti untuk meningkatkan keamanan kesehatan global (global health security)

 

Kompetensi Lulusan FETP

Setelah menyelesaikan studi, secara khusus para lulusan minat epidemiologi lapangan diharapkan mampu :

  • Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem surveilans kesehatan masyarakat
  • Melakuakn investigasi suatu kejadian luar biasa atau masalah kegawatdaruratan kesehatan yang memerlukan respon tepat waktu
  • Merancang, mengembangkan protocol studi epidemiologi menggunakan prinsip dan metode epidemiologi analitik
  • Mendesiminasikan hasil penelitian melalui persentasi oral dan  poster pada pertemuan ilmiah
  • Membuat manuskrip (naskah publikasi) hasil penelitian untuk jurnal peer review
  • Mampu mengevaluasi program kesehatan

Prospek Lulusan

Lulusan Epidemiologi lapangan merupakan lulusan siap pakai  di berbagai institusi kesehatan yang mampu untuk melakukan investigasi penyakit, pencegahan dan pengendalian wabah penyakit, dan bencana alam, perencanaan, pengelolaan, program kesehatan  dan Riset epidemiologi

Lulusan yang dihasilkan dapat bekerja sebagai tenaga fungsional epidemiologi di instansi pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan ataupun menjadi staf pengajar ataupun peneliti dalam bidang epidemiologi dan Jabatan struktural.

Kurikulum

FETP adalah program magister yang memadukan pelajaran di kelas dengan pengalaman lapangan. Proporsi pembelajaran di kelas sekitar 30% dan penugasan praktik lapangan sekitar 70%. dengan total beban studi yang harus di selesaikan sebanyak 46 SKS.

Di Kampus para mahasiswa dibekali dengan teori dan ilmu akademik tentang kesehatan masyarakat khususnya epidemiologi lapangan sebagai kompetensi dasar, Meliputi :

Mata Kuliah Di Kelas

  1. Kesehatan Global
  2. Metodologi Penelitian
  3. Leadership & System Thinking
  4. Ilmu Sosial dan Perilaku Kesehatan
  5. Biostatistik Lanjut
  6. Kesehatan Lingkungan & Kesehatan Kerja Lanjut
  7. Kebijakan & Manajemen Kesehatan
  8. Filsafat Ilmu Kesmas
  9. Epidemiologi Lanjut
  10. Surveilans Kesehatan Masyarakat Lanjut
  11. Manajemen Data Epidemiologi
  12. Epidemiologi Penyakit Menular
  13. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular

Mata Kuliah Praktik Lapangan

  1. Investigasi KLB
  2. Evaluasi dan Implementasi sistem Surveilans
  3. Evaluasi Program Kesehatan
  4. Pengembangan proposal penelitian
  5. Tesis

 

Persyaratan

  1. Memiliki Latar Belakang pendidikan S1 di Bidang Kesehatan (SKM, Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Apoteker, Entomologi  & Veteriner)
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajukan permohonan beasiswa PPSDMK Kemenkes RI, atau beasiswa lain untuk mengikuti pendidikan FETP UNHAS
  3. Memiliki kemampuan berbahasa inggris dengan nilai TOEFL dan TPA sesuai ketetapan Program Pascasarjana UNHAS
  4. Lulus Seleksi Akademik Program Pascasarjana UNHAS

 

Informasi Lebih Lanjut

Sekretariat Epidemiologi FKM UNHAS, Ruang K-307 Lantai 3 Gedung FKM UNHAS

Tamalanrea Kota Makassar

Email : fetp.unhas@gmail.com

Website : www.fkm.unhas.ac.id

 

Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016