Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa KKN-T Unhas Posko 4 Desa Panaikang Laksanakan Edukasi Anemia pada Remaja di SMKN 5 Gowa

Mahasiswa KKN Tematik Stunting Lokus Kabupaten Gowa Posko 4 Desa Panaikang Gelombang 108 Universitas Hasanuddin (Unhas) laksanakan edukasi anemia pada remaja, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan dihadiri oleh 31 orang siswa.

Adapun tujuan dari edukasi anemia ialah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja putri mengenai anemia dan TTD (Tablet Tambah Darah).

Edukasi dilakukan dengan memberikan informasi lanjutan mengenai anemia dan diakhiri dengan komitmen cegah anemia sejak dini. Inti dalam edukasi ini adalah langkah mencegah anemia yang paling utama ialah memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dan kaya akan zat besi. Pengonsumsian TTD (Tablet Tambah Darah) hanyalah di waktu tertentu saja, seperti satu minggu sekali dan setiap hari pada saat mengalami menstruasi.

Posko Desa Panaikang terdiri atas enam orang yaitu Ignacia Corina Inosenshia, Laela Alfionita Dewi, Nadya Tri Wulandari, Iftitah Suci Riskia, Nur Asysa, dan Mita Wijaya. Mereka adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin lintas program studi yaitu Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, dan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan.

Dosen Pendamping KKN Stunting Lokus Kab. Gowa yaitu Muhammad Rachmat, SKM, MKes, Dr. Citrakesumasari, MKes, SpGK, dan Nasrah, SKM, MKes.

Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016