Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa KKNT Stunting Lokus Gowa Posko 2 Desa Je’nemadinging Gelar Demo Masak Inovasi Pangan Cegah Stunting dan MPASI di Aula Desa Je’nemadinging

Mahasiswa KKNT Stunting lokus Gowa Posko 2 Desa Je’nemadinging gelar demo masak inovasi pangan cegah stunting dan MPASI di Aula Kantor Desa Je’nemadinging pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu hamil, ibu menyusui, ibu baduta, dan kader posyandu yang berjumlah 6 orang.

Demo masak ini menggunakan metode presentasi dan praktik memasak yang dibawakan oleh peserta KKN yaitu Nuur Rahmah dan Nilasari kemudian diikuti kembali oleh peserta demo masak.

Menu yang dibuat dalam demo masak ini berbahan dasar tempe, ikan nila, bayam dan kangkung yang memilki kandungan protein dan zat besi tinggi yang baik untuk ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan baduta kaitannya dalam pencegahan stunting. Menu tersebut yaitu bolu kukus tempe, es cendol bayam, es jelly bayam dan MPASI bubur kangkung nila.

Para peserta begitu antusias mengikuti demo masak yang dilakukan karena menu-menu yang dibuat adalah menu inovasi yang belum pernah dibuat oleh peserta sebelumnya. Kemudian, dilanjutkan pula apresiasi dari para kader posyandu Desa Je’nemadinging mengenai menu yang didemokan yang bermanfaat dan dapat pula diadopsi kembali untuk PMT di Posyandu nanti.

Tim mahasiswa KKN Tematik Stunting Gelombang 108 Universitas Hasanuddin di Desa Je’nemadinging yaitu Diva Fadliah Kusumawardani (Koordinator Desa), Nuur Rahmah (Sekretaris), Sri Wafiq Azisah (Bendahara), Andi Dewi Chandra, Nilasari, dan Nia Aulyah Baddulu, dengan Dosen Pendamping KKN yaitu Muhammad Rachmat, SKM, MKes, Dr. Citrakesumasari, MKes, SpGK, dan Nasrah, SKM, MKes.

Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016