Gugus Penjaminan Mutu

Faculty of Public Health, Universitas Hasanuddin

     Organisasi penjaminan mutu FKM Unhas berdiri sejak tahun 2010 dan diberi nama Unit Penjaminan Mutu, Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama (UP3K). Berdasarkan SK Dekan, UP3K diketuai oleh Prof. Dr. Ridwan Amiruddin. S.KM, M.Kes, M.ScPH. Pada tahun 2014 terjadi restrukturisasi organisasi dari UP3K menjadi Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan diketuai oleh Aminuddin Syam, S.KM, M.Kes, M.Med.Ed. Sejak tahun 2016, sesuai dengan OTK Unhas dengan status PTN-BH maka UPM berubah nama menjadi Gugus Penjaminan Mutu (GPM). Saat ini GPM diketuai oleh dr. Hasanuddin Ishak, M.Sc.,PhD.

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Gugus Penjaminan Mutu:

  1. Merencanakan dan melaksanakan sistem jaminan mutu secara keseluruhan.
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  3. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  4. Melakukan pemeriksaan dan validasi isi dokumen untuk keperluan eksternal (proposal PHK, Borang, berkas kepangkatan akademik, proposal pembukaan Prodi)
  5. Melakukan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  6. Melakukan analisis data sebagai dasar pengambilan keputusan pimpinan
  7. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pelatihan sistem penjaminan mutu
  8. Melaporkan secara berkala tentang pelaksanaan sistem penjaminan mutu kepada pimpinan.

Beberapa pedoman dan standar dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

No. Nama Dokumen/No. SK Dekan Isi
1. Kebijakan Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.03, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Kebijakan FKM Unhas dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan asas penyelenggaraannya.
2. Standar Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.04, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Standar Akademik FKM Unhas merupakan penjabaran dari Kebijakan Akademik FKM Unhas dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan asas penyelenggaraannya.
3. Piagam AMI / GPM.FKM-Unhas.KA.05, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Kedudukan, fungsi dan peran, wewenang dan tanggung jawab Tim dan Ketua Tim AMAI FKM Unhas.
4. Kode Etik Auditor / GPM.FKM-Unhas.KA.06, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Azas kode etik audit mutu internal dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh auditor akademik.
5. Manual Mutu Akademik / GPM.FKM-Unhas.KA.07, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Organisasi penjaminan mutu di tingkat FKM Unhas dan tingkat Program Studi dan dokumen-dokumen mutu.
6. Manual Prosedur AMAI / GPM.FKM-Unhas.KA.08, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Prosedur implementasi AMAI Program Studi oleh auditor FKM Unhas
7. Standar AMAI / GPM.FKM-Unhas.KA.09, tertanggal 21 November 2016 (Revisi 1) Standar Ciri, Standar Kinerja, dan Standar Implementasi audit mutu internal.
8. Buku Pedoman Sasaran Mutu Fakultas Sasaran mutu yang disusun menurut standar borang akreditasi.
9. Rencana Strategis Rencana strategis 2022-2026, yang disusun berdasarkan visi dan misi.
10. Buku Pedoman Prosedur Mutu Bidang Akademik Berisi 20 SOP bidang akademik.
11. Buku Pedoman Prosedur Mutu Bidang Kepegawaian Berisi 25 SOP bidang kepegawaian.

Evaluasi internal dalam rangka penjaminan mutu dilakukan dalam bentuk Audit Mutu Internal (AMI). Mulai tahun 2016, instrumen AMI diisi secara online melalui link elpmi.unhas.ac.id. Hasil AMI dimanfaatkan untuk peningkatan atau pemeliharaan mutu institusi.

Sementara itu, beberapa survei kepuasan yang dilakukan GPM dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

NO Survei Link Tahun mulai digunakan Keterangan
1 Survei kepuasan mitra kerjasama http://bit.ly/Survei-Mitra-Kerjasama 2016 – sekarang Setiap tahun
2 Survei Mahasiswa akhir semester http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Mahasiswa-Setelah-Semester-Berakhir 2021 kebawah Setiap tahun
3 Survei kepuasan dosen dan tendik http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Dosen-Tendik 2021 kebawah Setiap tahun
4 Survei kepuasan alumni http://bit.ly/Survei-Kepuasan-Alumni 2021 kebawah Setiap tahun
5 Survei Pemahaman VMTS http://bit.ly/Survei-Visi-Misi   2021 kebawah Setiap tahun
6 Survei kepuasan alumni http://bit.ly/Survei-Alumni 2021 kebawah Setiap dua tahun
7 Survei kepuasan pengguna alumni http://bit.ly/Survei-Pengguna-Alumni 2021 kebawah Setiap dua tahun
8 Survei Mahasiswa tengah semester https://bit.ly/Survey-Kepuasan-Mahasiswa-FKMUH-Tengah-Semester 2021 kebawah Setiap Tengah Semester (Pertemuan ke-8)
9 Survei kepuasan mahasiswa S3 https://bit.ly/Survei_Kepuasan_MahasiswaS3_FKM_Unhas 2022 Setiap Akhir Semester
10 Survei kepuasan mahasiswa S2 https://bit.ly/Survei_Kepuasan_MahasiswaS2_FKM_Unhas 2022 Setiap Akhir Semester
11 Survei kepuasan mahasiswa S1 https://bit.ly/Survei_Kepuasan_MahasiswaS1_FKM_Unhas 2022 Setiap Akhir Semester
12 Survei kepuasan tenaga kependidikan https://bit.ly/Survei_Kepuasan_Tenaga_Kependidikan_FKM_Unhas 2022 Setiap tahun
13 Survei kepuasan dosen https://bit.ly/Survei_Kepuasan_Dosen_FKM_Unhas 2022 Setiap tahun
14 Survei pemahaman VMTS S1 kesmas https://bit.ly/Survei_VMTS_S1_Kesmas 2022 Setiap tahun
15 Survei pemahaman VMTS S1 ilmu gizi https://bit.ly/Survei_VMTS_S1_Gizi 2022 Setiap tahun
16 Survei pemahaman VMTS S2 kesmas https://bit.ly/Survei_VMTS_S2_Kesmas 2022 Setiap tahun
17 Survei Kepuasan Alumni, pengguna alumni, mitra kerjasama https://tracerstudy.unhas.ac.id/  2022 Setiap dua tahun
18 Survei manajemen ISO 9001:2015 (subbagian) https://bit.ly/Survei_Pelayanan_ISO  2022 Setiap saat
19 Survei evaluasi penelitian/pengabdian https://bit.ly/Evaluasi-Penelitian-Pengabdian-FKM-Unhas 2021 Setiap tahun
20 Survei Evaluasi P2KMB S1 https://bit.ly/Survei-Maba-S1-dan-Evaluasi-P2KMB-FKMUH  2021 Setiap tahun
21 Survei Evaluasi P2KMB S2 dan S3 https://bit.ly/Survei-Maba-Pascasarjana-dan-Evaluasi-P2KMB-FKMUH  2021 Setiap tahun
22 Survei pengguna alumni (stakeholder) https://tracerstudy.unhas.ac.id/penggunaLulusan 2021 Setiap dua tahun
23 Survei mitra kerjasama https://tracerstudy.unhas.ac.id/mitra-kerjasama 2021 Setiap tahun
Share
© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016