Tenaga Pendidik (Dosen)

Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Home
  • Dr. dr. A. Indahwaty Sidin, MHSM

Profile

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat

Seorang dosen yang memiliki kompetensi manajerial karena Beliau telah mengejar gelar master di Manajemen Pelayanan Kesehatan Curtin University, Bentley, Perth / Australia, 2005-2007, kemudian menyelesaikan program doktornya di tahun 2014 dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar / Selatan-Sulawesi. Selain sebagai dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin (UNHAS), beliau memiliki pengalaman profesional lainnya. Beliau pernah menjabat sebagai kepala Departemen Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin periode 2010-2014. Pada saat yang sama Beliau juga menjabat sebagai Kepala Biro Departemen Perencanaan dan Evaluasi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Selanjutnya, pada tahun 2014 Beliau telah ditunjuk oleh rektor menjadi Wakil Dekan II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Bagian Keuangan, Administrasi dan Sumber Daya Manusia. Beliau memiliki pengalaman banyak mengenai seminar, penelitian dalam masalah manajemen dan kesehatan masyarakat. Beliau memiliki beberapa publikasi internasional, seperti “A Critical Review of the Role of Clinical Governance in Health Care and  Its Potential Implication In Indonesia”  on The Journal International Business and Management, The Obstacles of Valid Informed Consent, International Invention Journal of Medicine and Medical Sciences (ISSN: 2408-7246) Vol. 3(5) pp. 84-88, May, 2016. Does Demography Matter in Nonverbal Communication between Physician and Patient Research Journal of Business and Management – (RJBM) ISSN: 2148-6689. Beliau juga memiliki keterampilan di bidang komputer dan bahasa Inggris yang baik.

PENELITIAN 5 TAHUN TERAKHIR

No Judul Riset Sumber Dana Riset Tahun
1 The Role of Demography in Moderation The Influence of Nonverbal Communication to Patient’s Satisfaction – HIBAH DIKTI 2015
2 Does Demography Matter in Nonverbal Communication between Physician and Patient 2015
3 Kepuasan Peserta JKN Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakann Indikator HCAHPS di Instalasi Rawat Inap RS Stella Maris Makassar – Sendiri 2015
4 A Conceptual Model of Hospital Accountability in Indonesia at Hospital Reformation Era -Sendiri 2014
5 A Critical Review of The Role of Clinical Governance in Health Care and Its Potential Application in Indonesia -Sendiri 2014
6 Analisis Kebijakan Kesehatan UU No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit -Sendiri 2013

PENGABDIAN MASYARAKAT 5 TAHUN TERAKHIR

No Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Dana
1 2015 Pelatihan dan Pendampingan dalam rangka Strategi Peningkatan Pencegahan Infeksi Oportunistik pada ODHA Unhas
2 2015 Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin DIPA BLU Unhas 2015
3 2016 Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Profil dan Renstra Rumah Sakit di RSUD Talisayan Kab. Berau
4 2016 Supervisi dan Pendampingan Kegiatan Residensi II di RSUD Tenriawaru Kab. Bone
5 2016 Ahli Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah

Mata Kuliah

© Fakultas Kesehatan Masyarakat 2016