5°07'40.9"S 119°29'11.0"E

fkm@unhas.ac.id

Berinovasi untuk Masa Depan: Mahasiswa FKM Unhas Kunjungi IPAL Komunal Banta-Bantaeng, Makassar

Universitas Hasanuddin (Unhas), melalui Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya kunjungan studi bagi mahasiswa Kesehatan Lingkungan FKM Unhas ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kelurahan Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Makassar, pada Kamis (06/06/2024).

Kunjungan studi ini merupakan langkah awal bagi kerjasama yang lebih intensif antara FKM Unhas dengan pengelola IPAL Komunal di Makassar, khususnya dalam hal penelitian dan pengembangan teknologi pengolahan air limbah. Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan air limbah di kota Makassar.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Lurah Banta-Bantaeng, Ketua RT, Kepala UPT PAL Dinas PU Kota Makassar beserta jajarannya. Kerlinus Bumbungan, ST selaku Kepala UPT PAL Dinas PU Kota Makassar menjelaskan berbagai aspek teknis dan manajemen operasional IPAL Komunal, termasuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan limbah domestik di wilayah kota Makassar.

Dalam sambutannya, Kerlinus Bumbungan berharap kunjungan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk terus berinovasi dalam bidang pengelolaan lingkungan. Beliau juga menyampaikan bahwa IPAL Komunal Banta-Bantaeng terbuka untuk menjadi tempat belajar bagi mahasiswa FKM Unhas dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Dosen pendamping FKM Unhas memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala UPT PAL dan jajarannya atas keramahan dan kesediaan mereka untuk berbagi ilmu dengan para mahasiswa. Basir, S.KM., M. Sc., salah satu dosen pendamping, mengatakan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan teoritis dan pemahaman praktis bagi mahasiswa, yang dapat mereka gunakan dalam karir ahli kesehatan lingkungan di masa depan.

Rustam selaku staf UPT PAL Dinas PU Kota Makassar juga menyambut hangat kedatangan para mahasiswa. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan ini dan berharap dapat menjadi media bertukar ilmu dan menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Kabar Terkini

tentang kami

FKM UNHAS

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10.
Kampus Unhas Tamalanrea Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia