5°07'40.9"S 119°29'11.0"E

fkm@unhas.ac.id

LD Al-Aafiyah FKM Unhas dan Desa Ulaweng Cinnong Bersinergi Wujudkan Desa Bebas Limbah

Di era modern ini, menjaga kesehatan lingkungan menjadi krusial. Salah satu aspek penting dalam mewujudkan lingkungan yang sehat adalah pengelolaan limbah yang baik. Dalam rangka mewujudkan desa yang sehat dan bebas limbah, Lembaga Dakwah (LD) Al-Aafiyah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Ulaweng Cinnong (Uci) untuk menyelenggarakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) 2024.

Antusiasme Masyarakat Ulaweng Cinnong

Program ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat Desa Ulaweng Cinnong. Hal ini terlihat dari partisipasi 157 warga desa dalam “Seminar Awal” Program PPK Ormawa LD Al-Aafiyah 2024 yang diadakan di Gedung Bulutangkis Desa Uci pada tanggal 20 Juni 2024.

Meningkatkan Kesadaran dan Pengetahuan tentang Pengelolaan Limbah

Seminar awal ini menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone yang memaparkan materi tentang regulasi dan masalah kesehatan terkait pengelolaan limbah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah yang baik bagi kesehatan dan lingkungan.

Program Pengelolaan Limbah Mandiri

Program PPK Ormawa 2024 di Desa Ulaweng Cinnong berfokus pada “Pengelolaan Limbah Mandiri dalam Mewujudkan Desa Sehat Aman Limbah”. Sebelas mahasiswa PPK Ormawa dari berbagai jurusan dan fakultas akan turun langsung ke desa untuk melaksanakan program ini.

Kerja Sama Berbagai Pihak

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara LD Al-Aafiyah FKM Unhas, Pemdes Ulaweng Cinnong, dan masyarakat desa. Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPH., Ph.D., dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Wahiduddin S.Km., M.Kes., menyampaikan apresiasi terhadap program ini dan berharap dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bebas limbah.

Tantangan dan Harapan

Kepala Desa Ulaweng Cinnong, A. Ashar, menyadari masih terdapat keterbatasan dalam pengelolaan limbah di desanya, seperti kurangnya pengetahuan dan sarana prasarana. Ia berharap program PPK Ormawa 2024 dapat membantu mengatasi keterbatasan tersebut dan mewujudkan desa yang sehat dan aman limbah.

Camat Ulaweng, AM Aryananda, juga menyambut baik program ini dan mengapresiasi tema yang diangkat, yaitu “Pengelolaan Limbah Mandiri dalam Mewujudkan Desa Sehat Aman Limbah”. Ia menilai tema ini sangat relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Manfaat Program

Secara keseluruhan, program PPK Ormawa 2024 di Desa Ulaweng Cinnong diharapkan dapat membawa manfaat bagi berbagai pihak, yaitu:

  • Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan limbah yang baik.
  • Membantu mewujudkan desa yang sehat dan aman limbah.
  • Memperkuat hubungan antara universitas, pemerintah daerah, dan masyarakat.
  • Menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pengelolaan limbah.

Program ini menunjukkan komitmen kuat dari berbagai pihak untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. Dengan kolaborasi dan kerja sama yang solid, diharapkan program ini dapat mencapai tujuannya dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Desa Ulaweng Cinnong dan sekitarnya.v

Kabar Terkini

tentang kami

FKM UNHAS

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10.
Kampus Unhas Tamalanrea Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia