5°07'40.9"S 119°29'11.0"E

fkm@unhas.ac.id

Magister Ilmu Gizi FKM Unhas Menuju Akreditasi Unggul: Bukti Komitmen Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Layanan Akademik

Universitas Hasanuddin (Unhas), melalui Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya asesmen lapangan untuk revisi akreditasi Program Studi Magister Ilmu Gizi. Acara yang berlangsung pada Senin, 10 Juni 2024 ini merupakan langkah penting dalam upaya prodi untuk meraih predikat akreditasi unggul.

Asesmen lapangan ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan FKM Unhas dalam meningkatkan mutu pendidikan dan layanan akademik. Dengan meraih akreditasi unggul, Prodi Magister Ilmu Gizi diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.

Kegiatan asesmen lapangan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Wakil Dekan FKM Unhas, para Guru Besar, Ketua/Sekretaris GPM-PR, Ketua/Sekretaris Departemen, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium, Kabag TU/Kasubag, dan Tim Task Force FKM Unhas. Tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) yang hadir dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Annis Catur Adi., M.Si dari Universitas Airlangga, Adriyan Pramono, S.Gz., M.Si., PhD dari Universitas Diponegoro, dan Nils Aria Zulfianto, M.Sc selaku Ketua bidang gizi LAM-PTKes.

Tujuan utama asesmen lapangan ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai berbagai elemen program studi, seperti kurikulum, fasilitas, penelitian, dan kontribusi kepada masyarakat. Penilaian ini sangat penting karena status akreditasi program studi akan berdampak pada reputasi dan daya saing lulusan di tingkat nasional dan internasional.

Salah satu standar yang dinilai dalam asesmen ini adalah terkait akses mutu dan layanan. Dalam hal ini, Prodi Magister Ilmu Gizi FKM Unhas telah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Tim asesor diajak berkeliling untuk meninjau fasilitas yang tersedia dan sering digunakan mahasiswa S2, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan ruang-ruang layanan mahasiswa, termasuk ruang laktasi.

Prof. Aminuddin Syam SKM, M.Kes, M.Med.Ed, salah satu dosen S2 Ilmu Gizi, mengungkapkan harapannya agar revisitasi ini dapat mendorong prodi magister ilmu gizi untuk berkinerja lebih optimal dalam memanfaatkan fasilitas di FKM Unhas.

Tim asesor pun memberikan dua rekomendasi penting:

  1. Pembuatan RTL (Rencana Tindak Lanjut) dalam satu dokumen terpisah dari AMI (Audit Mutu Internal).
  2. Praktikum lapangan mahasiswa S2 Ilmu Gizi perlu memberikan solusi atau timbal balik terhadap temuan hasil praktikum lapangannya.

Kegiatan asesmen lapangan ini ditutup pada pukul 20.00 WITA. Dekan FKM Unhas, WD 1, Ketua GPM, jajaran dosen senior FKM Unhas, dan Tim Task Force turut hadir dalam penutupan acara.

Pada kesempatan itu, asesor mengungkapkan bahwa kelengkapan berkas bukti fisik dan peninjauan sarana dan prasarana Prodi Magister Ilmu Gizi sangat baik.

Seluruh civitas akademika FKM Unhas berharap proses asesmen ini berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang diinginkan.

Kabar Terkini

tentang kami

FKM UNHAS

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10.
Kampus Unhas Tamalanrea Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia