5°07'40.9"S 119°29'11.0"E

fkm@unhas.ac.id

Membangun Keseimbangan Intelektualitas dan Spiritualitas: Gerakan Amaliyah Ramadhan Departemen Kesling FKM Unhas Menghadirkan Kajian Islam Online

Amaliah Ramadhan Dep Kesling FKM UH

Makassar, 2 April 2024 (22 Ramadhan 1445 H) – Bulan Ramadhan merupakan momen istimewa untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Di tengah kesibukan akademis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melalui Departemen Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan Gerakan Amaliyah Ramadhan ke-2 dengan motto Bergerak untuk Maju Bersama. Salah satu program unggulannya adalah Launching Kajian Islam Online yang bertujuan membangun keseimbangan antara intelektualitas dan spiritualitas sivitas akademika.

Acara yang dilangsungkan secara hybrid pada tanggal 2 April 2024 ini dihadiri oleh Dekan FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPh., Ph.D., para wakil dekan, dosen, mahasiswa, alumni, dan tokoh agama. Launching Kajian Islam Online diawali dengan sambutan dari Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas, Dr. Erniwati Ibrahim, SKM., M.Kes.

“Gerakan Amaliyah Ramadhan merupakan program tahunan yang bertujuan menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, memperdalam ilmu agama, dan meningkatkan kepedulian sosial. Pada tahun ini, kami menghadirkan Kajian Islam Online sebagai platform inovatif untuk belajar dan berdiskusi tentang Islam dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menjaga kesehatan selama Ramadhan,” papar Dr. Erniwati.

Amaliah Ramadhan Dep Kesling FKM UH

Kajian Islam Online: Wadah Memperkaya Ilmu dan Amaliah

Kajian Islam Online FKM Unhas menghadirkan serangkaian kajian, ceramah, dan diskusi interaktif yang dipandu oleh para ahli agama dan kesehatan. Topik yang dibahas meliputi berbagai aspek kehidupan.

Pada sesi perdana, Kajian Islam Online menghadirkan Al Ustadz Muhammad Jamil, Lc., alumni Fakultas Hadith Universitas Islam Madinah, KSA, dengan tema “Pentingnya Menuntut Ilmu bagi Seorang Muslim.” Ustadz Jamil menekankan bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah, dan ilmu yang bermanfaat akan mengantarkan manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Lebih dari Sekadar Kajian, Sebuah Gerakan Menuju Keseimbangan

Gerakan Amaliyah Ramadhan FKM Unhas tak hanya fokus pada Kajian Islam Online. Program ini juga meliputi:

  • Pembagian Sembako/THR kepada Petugas Kebersihan, Sopir Pete-Pete Kampus, dan Ojek Online (Ojol)
  • Tebar Buka Puasa kepada Pengguna Jalan Seputar Kampus Unhas

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial sivitas akademika FKM Unhas terhadap masyarakat di sekitarnya.

Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, dalam sambutannya, mengapresiasi Gerakan Amaliyah Ramadhan dan Kajian Islam Online.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi FKM Unhas untuk menjadi fakultas kesehatan masyarakat yang unggul, dan bereputasi internasional. Kajian Islam Online diharapkan dapat menjadi wadah bagi sivitas akademika untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Prof. Sukri.

Gerakan Amaliyah Ramadhan FKM Unhas merupakan contoh nyata bagaimana institusi pendidikan dapat mengintegrasikan nilai-nilai agama dan kepedulian sosial dalam proses pembelajaran. Dengan menggabungkan intelektualitas dan spiritualitas, FKM Unhas berkomitmen untuk melahirkan generasi pemimpin yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

Amaliah Ramadhan Dep Kesling FKM UH

Kabar Terkini

tentang kami

FKM UNHAS

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10.
Kampus Unhas Tamalanrea Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia